Skip to main content

Tips Android Anti Lemot, Anti Hang, Anti Banting!

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sudah sekian lama ane ga nulis artikel di blog ini ya, hehe.. maaf ane baru urusin dunia perkuliahan yang amat rumit gan, kaya cewek rumit nya, hehe..

Oke ane mau bahas tentang Android gan. Android agan masih pakai RAM 1 GB? Terasa Lemot? sering agan banting karena nge-hang? itu sudah biasa, hehe. oke kali ini ane mempunyai tips agar Android RAM 1 GB agan jadi kaya seperti judul gan. Langsung aja gan.

1. Jangan Kebanyakan Aplikasi

Ingat! Sadar diri kalo Android agan cuma ada RAM 1 GB, jadi ya jangan kebanyakan install aplikasi gan. install dan pakai aplikasi yang sekiranya penting doang. Tetapi kalo Android agan punya spek dengan RAM 1 GB keatas masih aja lemot, silahkan lanjut ke tips nomor 2.

2. Bersihkan Aplikasi di Recent Apps

Agan tau Recent Apps kan? dia adalah aplikasi yang baru saja dipakai agan dan masih berjalan di background. contoh gini, agan buka youtube, lalu agan keluar aplikasi youtube, nah saat ini ada Recent Apps youtube di Android agan, gampangnya si youtube masih berjalan itu tanpa sepengetahuan agan atau berjalan di background, "loh kan udah ditutup? kenapa masih jalan?" itu karena kalo nanti sewaktu-waktu agan mau buka youtube lagi, si Android ga perlu loading ulang lagi si youtube nya gan, jadi proses nya si youtube masih kesimpan dalam RAM Android agan, jadi kalo Recent Apps nya sudah banyak, harap di bersihkan gan. nanti kalo RAM nya penuh kan jadi lemot Android agan.

3. Jangan Install Aplikasi Aneh-Aneh

Jangan install aplikasi yang ga jelas gan, seperti aplikasi macam "memory booster" gitu, karena percuma kalo agan install aplikasi kayak gitu, karena cara kerja aplikasi itu sama dengan cara kerja Recent Apps, jadi kalo di sistem bawaan Android aja udah ada, ngapain install dari pihak ketiga? cuma bikin beban di RAM doang gan.

4. Jangan Biasakan Pencet 'HOME'

Ini terdengar sepele sih gan, kalo Android agan ber memory besar, ga menjadi masalah sih. tapi kalo cuma ber memory 1 GB saya saran kan jangan keseringan pencet "HOME" ya gan, soalnya aplikasi yang baru saja ente pencetin "HOME" itu masih tersimpan utuh di Recent Apps Android ente, beda kalo ente tutup/kembali/back, proses nya doang yg kesimpen. emang sih kalo tersimpan utuh mau buka kembali pasti lancar, tapi kalo RAM udah penuh bakal lelet minta ampun deh gan.

5. Hindari Aplikasi Monster dan Game

Apa itu aplikasi monster? adalah aplikasi yang memakan kapasitas RAM banyak. sebagai contoh aplikasi Facebook dan Instagram. kalo mau maen Facebook ane sarankan pake Browser aja deh gan, terus kalo mau maen Instagram dan nge Game mending nabung dulu gan, hehe.. buat beli Android
yang rada-rada mempuni. hehe..

Nah itu dia tadi sedikit saran dan curhatan dari ane yang masih pake Android RAM 1 GB, jikalau ada manfaat nya dari apa yang saya tulis bagi agan ya semoga bermanfaat, kalo ada yang salah bisa lah agan tulis komen, hehe..
Oke gan.. Sekian Terimakasih..

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments

Popular posts from this blog

Fitur Baru Di Android "N"

Ilustrasi Logo Android "N" Android ! Siapa sih yang tak kenal dengan nama itu. Yups, salah satu sistem operasi ternama untuk kalangan SmartPhone ini bernama Android . Dan siapa sih yang tak kenal dengan seri Android dari versi Beta sampai yang paling baru Marshmallow, dan yang unik dari Android, nama versi masing-masing disusun sesuai alphabetis dan diambil dari sebuah hidangan dessert, dari yang pertama Beta, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, dan yang terupdate Marshmallow . Oke sekarang kita bahas sesuai judul, sepertinya Android Marshmallow baru kemarin ya di luncurkan, akan tetapi sekarang developer Android sudah melakukan proyek untuk nantinya dilakukan perilisan Android dengan kode nama "N". Belum ada bocoran tentang nama untuk Android versi "N" ini, tapi tentunya Android "N" ini akan dilengkapi dengan berbagi fitur baru. Apa saja sih fitur baru tersebut? Dikut

Gejala Android Terjangkit Virus

Android Terjangkit Virus Virus! Satu kata yang mungkin bermakna negatif dan ditakuti oleh banyak masyarakat. Virus adalah parasit yang bisa menginfeksi bahkan bisa bereproduksi dengan menginvasi dan memanfaatkan objek/target dari virus tersebut. Oke di artikel kali ini, virus yang kita bahas adalah virus yang menjangkit Android. Jika seseorang terjangkit virus pasti dia akan merasakan efek dari virus tersebut, nah kalo android yang terkena virus, apakah bisa dirasakan ? Tentu bisa. Ini beberapa gejala kalau android kamu telah terjangkit virus. 1. Performa android menurun Ada banyak jenis virus yang dapat menurunkan performa android, hal ini terjadi karena virus tersebut menyerang sistem dan tanpa sepengetahuan kita virus tersebut membuat banyak program tak berguna dan berjalan secara otomatis di background, sehingga perlu banyak RAM yang dipakai untuk menjalankan program tersebut, dan akhirnya performa android pun menurun. 2. Baterai lebih boros Banyak pengguna android meng

Cara Membuat Status Bar Android Transparan

Status Bar Transparan Status Bar adalah tempat dimana kamu bisa melihat indikator jam, baterai, aplikasi yang berjalan dan lain sebagainya. Status Bar di Android kamu masih ber-background hitam ? Ingin dijadikan transparan ? Tahu caranya ? Oke di artikel saya kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat Status Bar/System UI Android menjadi transparan, seperti layaknya Android versi JellyBean ke atas. Syarat untuk menjadikan Status Bar transparan, Android kamu harus sudah dalam keadaan Root. "Kenapa harus Root ?", "Ada jalan lain, selain harus Root ?" Ada sih, banyak kok di Play Store aplikasi yang bisa membuat Status Bar menjadi transparan, tapi apa nggak "eman-eman" RAM nya ? Makan-nya banyak loh. Oke, bagi kamu yang "eman-eman" RAM nya dan berjiwa Opreker, simak dengan teliti tutor yang saya tulis berikut (Do With Your Own Risk) . 1. Pastikan bahwa Android kamu sudah dalam keadaan Root! Bagi yang belum Root, bisa melakukan Ro